https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=34375937#settings

15 August 2007

Franz Magnis Suseno against The Bakrie Family

PENGHARGAAN Achmad Bakrie Award tahun ini salah satunya diberikan kepada Franz Magnis Suseno. Pastor Jesuit ini disebut berjasa sebagai ilmuwan Indonesia yang gigih membahas masalah-masalah bangsa dari sudut etika selama 4 dekade terakhir ini. Dan sebagaimana kita tahu, Frans Magnis Suseno menampik penghargaan itu.

Penolakan itu adalah bentuk protesnya kepada keluarga Bakrie yang dinilainya belum melakukan tindakan yang jelas untuk mengatasi bencana lumpur di Sidoarjo yang sudah memakan bukan hanya banyak korban materiil tapi juga terutama kerugian non-materiil.

Barangkali ada juga yang tidak setuju dengan putusan Franz Magnis menolak hadiah itu. Sebagai pastor saleh ia memang tidak memerlukan duit hadiah itu, tapi bukankah ia bisa menyumbangkan kembali uang itu kepada pihak lain yang memerlukan. Kepada sebagian korban lumpur Lapindo itu sendiri, umpamanya.

Tapi hitung-hitungan matematis itu rupanya tidak ada dalam kamus sang romo. Menerima hadiah itu—dengan dalih moral atau sopan santun apapun—sama saja dengan “berkompromi” pada ketidakseriusan keluarga Bakrie menuntaskan masalah lumpur itu.

Penolakan tegas yang dilakukan romo Magnis mestinya mejadi “tamparan” yang menyakitkan bagi keluarga Bakrie. Adalah sebuah ironi yang menyedihkan bahwa mereka begitu royal membagi-bagikan banyak uang kepada beberapa person, sementara ribuan orang lain yang.sudah jelas sangat butuh pertolongan, malah diabaikan.

Tradisi Achmad Bakrie Award yang tujuannya mulia itu janganlah kemudian melenceng menjadi sarana penipuan atau pembohongan publik. Apa yang sudah yang dilakukan Franz Magnis Suseno barangkali boleh juga dianggap sebagai kado untuk bangsa ini yang besok lusa bakal merayakan ulang tahunnya.

1 comment:

Ros Marya Yasintha said...

Saya dukung sikap Romo Magnis, keluarga Bakrie harus lebih serius menuntaskan jutaan masalah akibat kelalaiannya.
Bukannya bikin Award, sok2 peduli nasib bangsa!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...