https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=34375937#settings

02 April 2007

Serius Ngeblog? Belajarlah ke Pak Cosa

KALAU anda kepingin serius ngeblog, bahkan mau melangkah lebih jauh lagi, misalnya memanfaatkan blog anda sebagai sumber penghasilan “tambahan” misalnya—selain sebagai tempat anda hahahihi--maka sangat tidak ada salahnya kalau anda rajin-rajin mendatangi blognya pak Cosa, yang bisa diklik di sini.

Di sana pak Cosa dengan murah hati membagikan seabrek trik dan akal-akalan lihai bagaimana caranya supaya blog anda menjadi tidak sekedar hadir gitu lho.

Ada 3 paket utama yang disediakan pak Cosa di blognya itu : rubrik konsultasi AdSence, rubrik konsultasi Search Engine Optimation (SEO) dan satunya lagi rubrik buat anda yang kepincut mau belajar Wordpress. Tinggal pilih. Di luar itu masih banyak topik bahasan lain yang uenaak dikunyah.

Pak Cosa dengan bahasa yang sederhana akan memandu anda. Kalau misalnya masih belum puas atau nggak mudeng dengan panduan itu, pak Cosa mempersilakan anda mengontaknya secara pribadi. Boleh lewat email, malah bisa lewat HP, bahkan kopi darat pun diladeni. Hebat kan? Kalau nggak percaya klik aja di sini untuk informasi sejelasnya.

Sebetulnya situs tutorial seperti punyanya pak Cosa ada banyak. Misalnya yang juga sangat layak dikunjungi adalah Blog Tutorial, atau juga blognya pak Budi Putra, mantan wartawan Tempo. Satu lagi padepokan yang juga pantas didatangi adalah punyanya Agushery Bandung. Blog-blog ini tentu saja memiliki kelebihannya masing-masing, dan saling melengkapi.

Meskipun blog saya berbeda “genre” dengan blog pak Cosa, bukan tabu bagi saya datang bertamu lama-lama di sana setiap hari. Pak Cosa dan blognya bagaimana pun memang beda. Kalau meminjam motto blognya Tempo, situsnya pak Cosa itu memang “enak diblog dan perlu”.

Lalu kenapa juga saya mau repot-repot bikin tulisan yang isinya memuji-muji blognya pak Cosa yang memang nyatanya muantab itu? Ceritanya blognya pak Cosa kan mau ulang tahun, 13 April besok. Nah, bukan pak Cosa namanya kalau lantas nggak bikin hajatan spesial. Dan heboh. Lha, postingan ini dibuat sehubungan dengan hajatan ultah itu. Kalau mau tahu lebih jelas soal hajatan itu (ada hadiahnya lho), klik di sini ya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...