https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=34375937#settings

25 January 2007

Dari Lomba Puisi Fordisastra

SESUDAH tertunda 3 pekan lebih akhirnya pengumuman hasil Lomba Puisi HUT situs Fordisastra keluar juga. Dewan juri yang terdiri dari Nanang Suryadi, Dino Umahuk, Kurnia Effendi dan Hasan Aspahani menetapkan puisi Ziarah Batu karya Sunlie Thomas Alexander sebagai pemenang pertama lomba itu. Pemenang-pemenang lainnya adalah Wajah Matahari karya Lupita Lukman, Resah Hujan puisi Mutia Sukma. Sedang Keluarga Kecilku karya Arie Saptaji didaulat sebagai juara harapan 1.

Ucapan terima kasih layak kita berikan kepada pihak-pihak yang berada di belakang hajatan ini. Mereka telah -- katakanlah -- berjuang untuk kehormatan puisi justru di tengah belantara situasi yang “prosais”, yang tidak berpihak pada puisi. Kerja keras mereka sudah sepantasnya didukung.

Ucapan selamat tentu kita sampaikan juga kepada para pemenang, Mudah-mudahan hasil lomba ini semakin melecut mereka untuk lebih cinta pada puisi. Sesungguhnya beban berat ada di pundak mereka. Sebab selaku pemenang tentu mereka dituntut untuk membuktikan bahwa kemenangan ini bukan sebuah kebetulan belaka.

Sedangkan untuk mereka yang kalah – di mana saya terikut di dalamnya – baiklah momen ini dijadikan stimulus yang mendorong kita untuk belajar menulis lebih baik. Sesungguhnya “kalah” dan “menang” tidak ada dalam puisi. Atau, kemenangan dan kekalahan itu tidaklah ditentukan oleh hasil sebuah lomba. Kemenangan sesungguhnya adalah kalau kita bisa tetap merawat spirit kreatif kita untuk terus menulis, seraya percaya dan menaruh hormat kepada puisi sebagai “jalan” atau pilihan sikap yang diambil dengan sadar dan bertanggung-jawab.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...