https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=34375937#settings

11 February 2007

Rakyat Masih Bisa Ketawa, Katanya

BANJIR besar di Jakarta dan sekitarnya belum sepenuhnya surut – di beberapa lokasi masih ada genangan air sampai 1 meter lebih. Di tengah situasi seperti itulah Ical, panggilan karib Abrizal Bakrie, saudagar kaya raya yang merangkap jabatan menteri, mengeluarkan pernyataan anehnya. Kata sang juragan, pers terlalu membesar-besarkan kejadian banjir ini, padahal menurutnya, rakyat tidak apa-apa. Buktinya? Mereka masih bisa ketawa tuh.

Pernyataan ini tentu saja sangat terasa menusuk hati. Pernyataan bahwa “rakyat tidak apa-apa karena (ternyata) mereka masih bisa tertawa, hemat saya, hanya bisa keluar dari mulut seorang “vampire” – bukan manusia lagi. Adakah Ical memang “vampire”, entahlah. Hanya saya ingat ia pernah menyebut para pengritiknya sebagai orang-orang yang ada upil di otaknya. Tapi lewat statemen ajaibnya itu Ical sudah memberitahu kita bahwa sebetulnya otaknyalah yang dipenuhi upil. Atau lumpur.

Entah apa yang sebetulnya terjadi dengan juragan kita ini. Sebagai orang yang ikut tersudutkan karena masalah lumpur Lapindo – yang jangan-jangan menurutnya juga dibesar-besarkan – mestinya ia bisa bertindak ekstra hati-hati dalam bicara dan bermanuver. Sebelum ini ia malah terlihat repot dengan urusan sosialisasi, maaf, kondom. Lagi-lagi urusan yang tidak jelas urgensinya di tengah situasi carut marut sekarang ini.

Saya juga jadi ingat, dalam sebuah wawancara ia pernah bilang bahwa ia pantas diberi nilai 9 (baca “sembilan”) untuk kinerjanya waktu itu selaku Menko Ekuin. Pernyataan ini tentu saja telah membuat banyak orang terpaksa tertawa. Tapi yang ditertawakan tampaknya tidak merasa apa-apa, mungkin karena kupingnya juga sudah penuh dengan upil.

Ical barangkali sebuah kompilasi sempurna dari kepongahan dan sekaligus kenaifan seorang pedagang yang kelewat lama tinggal di bulan. Karena terlalu lama ngendon di awang-awang wajarlah kalau kemudian omongannya suka nggak nyambung.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...