https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=34375937#settings

16 March 2007

Juara-Juara Korupsi

SECARA mengejutkan Filipina berhasil merebut gelar Juara I Lomba Korupsi Asia, menggusur Indonesia, sang juara bertahan 5 kali berturut-turut. Fakta ini terungkap dalam laporan survey Political and Economic Risk Consultancy Ltd (PERC) yang baru saja diterbitkan (Koran Tempo, Rabu, 14 Maret 2007).

Indonesia sendiri harus puas nangkring di posisi kedua, bersama Thailand. Sementara medali perunggu alias juara ketiga dikantungi Vietnam. Urutan selanjutnya dari nomor 4 sampai 12 berturut-turut adalah : India, Korea Selatan, Cina, Malaysia, Taiwan, Macau, Jepang, Hongkong dan Singapura, yang lagi-lagi menempati posisi paling buncit.

Hasil “gemilang’ yang dicapai Filipina itu langsung dikomplen Gloria Arroyo, sang presiden di sana, karena dinilai tidak akurat. Sementara Teten Masduki dari Indonesia Coruption Watch mengomentari melorotnya peringkat Indonesia sebagai “wajar” karena “cukup banyak kebijakan anti korupsi yang kini diterapkan.”

Daftar peringkat 12 terkorup di Asia itu juga menunjukkan beberapa hal menarik. Misalnya bahwa 3 posisi teratas ternyata dikangkangi oleh 4 negara Asean, yaitu Filipina, Indonesia, Thailand dan Vietnam. Jadi dalam urusan kutil mengutil ini, bangsa-bangsa di kawasan Asean bolehlah berbangga karena bisa mempecundangi negara besar Asia lainnya, semisal Cina dan Jepang.

Sementara itu Singapura, yang selama 10 tahun selalu ada di posisi juru kunci, agaknya perlu belajar sangat keras – misalnya dari Vietnam – untuk bisa memperbaiki peringkatnya di masa depan. Bagi Indonesia sendiri, turunnya peringkat ini tidak jadi halangan untuk kembali bertarung dalam Lomba Korupsi tingkat dunia. Peluangnya cukup terbuka, setidaknya untuk masuk “10 Big”, atau bahkan “5 Big” saja, rasanya masih bisa.

1 comment:

Semmy said...

hal oonknugroho,LOL Sajak2 mu sangat indah, terutama keritik untuk negeri ini. hebat!!! juara bertahan bisa tergeser juga ya. Semoga kita bisa membangun negri kita menjadi lebih baik d. Salam semmy


http://www.indobizsuccses.com/blog/

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...